FENOMENA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
Mengajar
adalah suatu kegiatan guru untuk menyampaikan ilmu kepada siswa, dalam mengajar
itu butuh ilmu bukan hanya berbicara dan menyampaikan materi saja. seorang guru
yang baik harus memulainya dari hati, guru yang baik adalah guru yang menjadi
teladan bagi siswanya, guru yang tidak pernah berhenti belajar, guru yang
membuat rencana pembelajaran dan guru yang menyenangkan dalam proses
pembelajaran.. Lebih jauh lagi guru yang hebat adalah guru yang mampu
menginspirasi siswanya. Sebaliknya guru yang tidak berkualitas sering melakukan
kesalahan dalam mengajar atau yang penting materi tersampaikan padahal pada
saat proses pembelajaran itu guru dituntut kreatif agar pembelajaran itu
menarik dan tidak membosankan itu semua memerlukan keterampilan-keterampilan
khusus.
Untuk
itu profesi guru haruslah di emban oleh sosok yang kompeten, yang berbeda dari
profesi lain, dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kapasitas
dan menimba ilmu ditempat khusus untuk mencetak pendidik. Tetapi didalam
kenyataannya khususnya di tingkat sekolah dasar banyak guru-guru yang mengajar
tidak sesuai jurusannya. Padahal tingkat sekolah dasar adalah yang terpenting
dalam pendidikan karena di pendidikan dasar awal terbentuknya karakter siswa
kalau dari awalnya salah maka seterusnya akan salah dan membekas seumur hidup.
Orang
beranggapan untuk menjadi guru sd itu
mudah dan semua jurusan bisa, jika kita telusuri masih banyak guru-guru
sd yang bukan dari PGSD bahkan dari Non Dik. Sehingga dalam persaingan di dunia
kerja lulusan PGSD bukan hanya dari yang sejurusan tetapi semua jurusan.
Akhirnya banyak yang lulusan PGSD yang memilih untuk tidak menjadi guru sd.
Melihat itu semua disini perlu ada kejelasan peraturan tentang linearisasi
pendidikan guru di sd, sehingga tidak ada saling merebut lahan pekerjaan. Untuk
itu di sd haruslah dari lulusan PGSD kecuali untuk guru bidang studi.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar